Kamis, 22 Desember 2011

PERINGATAN HUT 59
KABUPATEN MALUKU TENGGARA


Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kab. Maluku Tenggara
Dalam Rangka Pewringatan HUT 59 Kab. Maluku Tenggara

Dalam pidato pembukaannya, Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Alex Walerubun, SH mengatakan bahwa, disaat kita memperingati Hari Bersejarah ini, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menyertai Maluku Tenggara. Kita juga patut memberikan penghormatan dan apresiasi kepada para pendahulu yang telah berjuang bagi terbentuknya dan pembangunan Kabupaten Maluku Tenggara hingga telah mencapai kemajuan seperti saat ini.
Peringatan Hari Ulang Tahun ke 59 Kabupaten Maluku Tenggara Tanggal 22 Desember tahun ini diperingati dalam sebuah Acara Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Maluku Tenggara, dengan acara tunggal Pidato Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun.
Hadir dalam Rapat Paripurna Istimewa tersebut Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara, Bupati Maluku Tenggara, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Maluku Tenggara, Sekretaris Daerah, Komandan Kesatuan TNI POLRI, Para Pimpinan BUMN dan Instansi Vertikal, Para Pimpinan SKPD Kabupaten Maluku Tenggara, Para Pimpinan  dan Tokoh Masyarakat, Pimpinan dan Tokoh Agama, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan/ Organisasi Wanita/ Organisasi Pemuda,  Media, dan undangan lainnya.
Ir. A. Rentanubun
Bupati Maluku Tenggara

Bupati Maluku Temnggara dalam pidatonya antara lain mengatakan Kabupaten Maluku Tenggara yang dulunya merupakan bagian dari Daerah Maluku Selatan, lahir sebagai Daerah Otonom melalui  sebuah proses politik dan pemerintahan yang panjang.  Perjuangan ini muncul dari kuatnya tekanan aspirasi rakyat Maluku Tenggara, berupa penolakan secara tegas eksistensi separtisme Republik Maluku Selatan yang ketika itu, ingin mencaplok wilayah Maluku bagian Tenggara kedalam wilayah kekuasaannya, serta kuatnya tuntutan perbaikan dan peningkatan kesejahteraan rakyat Maluku Tenggara yang ketika itu termarjinalkan.
Sebagai refleksi kesejarahan, kita patut menyampaikan terima kasih dan rasa hormat yang setinggi-tingginya, kepada para pimpinan dan tokoh masyarakat,   yang saat itu berjuang demi cita-cita peningkatan kesejahteraan rakyat Maluku Tenggara dan demi tegaknya NKRI. Ungkapan rasa hormat yang dalam,  juga patut kita sampaikan kepada para Pimpinan Daerah pendahulu, dan kepada semua mereka yang telah ikut bahu-membahu membangun daerah ini selama 59 tahun.
Selanjutnya menurut Bupati amanah dan cita-cita perjuangan pembentukan daerah ini, yaitu untuk kesejahteraan masyarakat Maluku Tenggara, harus tetap menjadi inspirasi dan motivasi kepada kita sekalian, untuk terus menerus melaksanakan upaya-upaya besar dalam rangka pembangunan Maluku Tenggara kedepan. Artinya bahwa pelaksanaan pembangunan harus mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang sehat sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran, serta meningkatnya kekuatan-kekuatan ekonomi rakyat. Kesejahteraan yang dimaksud juga mengandung makna semakin terpenuhinya standar hidup masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara yang layak, sesuai harkat dan martabat kemanusiaan,  serta terwujudnya tatanan kehidupan yang aman, harmonis dan tenteram.

Peringatan HUT ke 59 Kabupaten Maluku Tenggara, dilanjutkan dengan Acara Resepsi yang diselenggarakan sekaligus dalam rang memperingati Hari Ibu ke 83 di Gedung Serba Guna Larvul Ngabal Langgur. Dalam acara tersebut selain Sambutan Bupati Maluku Tenggara, juga dibacakan Sejarah Singkat  Lahirnya Kabupaten Maluku Tenggara oleh Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tenggara, dan Sejarah Singkat Hari Ibu.
Bupati Maluku Tenggara dalam Sambutannya menyambut Hari Ibu ke 83 mengatakan Cita-cita dan semangat kejuangan perempuan yang turut berjuang merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ini patut kita contohi, terutama oleh remaja putri, pemudi dan ibu-ibu. Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa dalam sejarah peradaban  masyarakat Maluku Tenggara terdapat pula figur yang dapat dicontohi semangat kejuangannya oleh generasi saat ini. Ia adalah Nen Dik Sakmas yang semasa hidupnya turut berjuang untuk keadilan dan martabat masyarakat Kei.   
Sedangkan menyambut HUT ke 59 mengatakan, Bupati kembali menekankan bahwa cita-cita peerjuangan pembentukan Maluku Tenggara pada tahun 1952 yaitu untuk kesejahteraan masyarakat, harus dapat kita wujudkan saat ini melalui prmbangunan disegala bidang. Oleh sebab itu persatuan dan kesatuan mutlak diperlukan, yang disertai dengan adanya ruang bagi kearifan lokal kita dalam pelaksanaan pembangunan.

Ketu Tim Penggerak PKK Kab. Maluku Tenggara Dra. B. Rentanubun
Menyerahkan Piala dan Hadiah Uang Pembinaan kepada Pemenang
Lomba Ohoi (Desa) P2WKSS Tkt. Kab. Maluku Tenggara.
Acara Resepsi HUT Kabupaten Maluku Tenggara dan Hari Ibu diisi pula dengan Pembangian Hadiah Bagi Para Pemenang Lomba Kegiatan Olah Raga, dan Lomba Desa P2WKSS Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara. Pemenang Lomba Desa (Ohoi) P2WKSS Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara untuk tahun ini adalah  Ohoi Ohoiwait  Sebagai Juara Pertama, Ohoi Revav Juara Kedua dan Ohoi Ur Pulau Juara Ketiga. Hadiah Lomba P2WKSS berupa Piala, Piagam dan Uang Pembinaan diserahkan langsung oleh Ketia Tim Penggerak PKK Kasbupaten Maluku Tenggara Ibu Dra. B. Rentanubun.

By. Bappeda Maluku Tenggara 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar